Quantcast

7 Cara Membuat Apartemen Sejuk Tanpa AC

FURNITERUS.com – Tidak kuat dengan cuaca panas Indonesia? Yap, Indonesia dengan iklimnya yang tropis memang sering membuat kita tidak betah saat berada di dalam apartemen. Tak heran banyak dari penghuni yang memanfaatkan AC untuk mendinginkan ruangan apartemen mereka. Padahal dengan menambahkan AC ini, tentu saja dapat membuat pengeluaran atau tagihan listrik menjadi semakin membengkak. Nah, untuk membuat apartemen sejuk secara ekonomis dan praktis, ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Apa saja ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Pilih warna cerah untuk dinding apartemen

Sumber: unsplash.com

Walaupun kamu tidak memakai AC di apartemen, kamu masih tetap bisa kok menyiasatinya dengan cara memilih warna yang cerah untuk cat dinding di ruangan apartemen. Kamu bisa memilih warna cerah seperti hijau muda, biru muda, atau putih. Pemilihan warna cerah ini dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk dan juga membuat suasana hati penghuninya akan terasa lebih menyenangkan. Untuk mendapatkan suasana ruangan yang lebih sejuk, hindari pemilihan warna gelap sebagai cat dinding karena justru akan membuat ruangan terasa semakin panas.

2. Gunakan tirai

Gorden

Sumber: unsplash.com

Cara paling mudah untuk membuat ruangan apartemen terasa lebih sejuk adalah dengan menutup jendelan dengan tirai. Jendela memang menjadi sumber sirkulasi udara yang baik di apartemen, namun juga bisa menjadi sumber panas. So, pastikan kamu memasang tirai atau gorden untuk mengurangi efek panas dari luar ruangan. Hal ini penting, terutama untuk kamu yang memiliki unit apartemen yang menghadap Barat atau Selatan, penggunaan tirai ini bisa mengurangi suhu udara hingga 20 derajat lho. Pakailah tirai dari bahan linen atau katun untuk membuat ruangan lebih sejuk.

3. Tambahkan tanaman hijau

Sumber: unsplash.com

Penambahan tanaman hijau pada ruangan apartemen pun bisa membuat suasana di dalamnya terasa lebih dingin dan sejuk lho. Sebab, tanaman ini dapat menetralisir dan membersihkan udara di dalam ruangan. Tak hanya itu, tanaman ini bisa juga dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan. Namun, agar tanaman tak menghabiskan banyak tempat di ruangan apartemen, kamu bisa memilih pot gantung atau pot tanaman kecil yang diletakkan di bagian sudut apartemen.

4. Perhatikan posisi pintu

Sumber: pexels.com

Apartemen biasanya memiliki ruangan yang sangat terbatas, apalagi jika kamu memiliki apartemen dengan tipe studio yang hanya mengandalkan satu ruangan saja. Untuk itu, kamu harus pintar-pintar dalam menyiasati sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan. Nah coba deh untuk sesekali membuka pintu yang mengarah ke lorong. Selain itu pastikan juga pintu tidak menghalangi sirkulasi udara alami. Solusi apartemen sejuk tanpa harus menggunakan AC ini bisa dengan sangat mudah kamu terapkan sehari-hari.

5. Pilih bahan yang tepat

Sumber: pexels.com

Pemilihan material yang tepat untuk sarung bantal, seprai, dan selimut yang kamu gunakan sehari-hari sangat penting untuk diperhatikan. Semua yang bersentuhan secara fisik dengan kulit akan berpengaruh terhadap suhu tubuh. So, pastikan kamu memilih bahan-bahan yang menyejukkan, berkualitas, dan modern. Bahan seprei yang terkenal sejuk adalah katun tencel. Jenis katun ini menjadi salah satu bahan terbaik yang bisa memberikan efek dingin. Harganya memang cukup mahal, namun worth it banget kok untuk memberikan efek sejuk pada apartemen kamu.

6. Gunakan exhaust fan

Gunakan exhaust fan

Sumber: realestate.nj.com

Penggunaan exhaust fan penting banget nih untuk ruangan apartemen. Pasalnya, area kamar mandi dan dapur biasanya adalah ruangan yang menjadi sumber panas di apartemen. Nah, pemasangan exhaust fan ini dipercaya dapat mengurangi rasa panas atau gerah setelah ruangan digunakan. Exhaust fan akan bertugas untuk menarik udara panas yang baik setelah kamar mandi dan dapur selesai digunakan.

7. Buka jendela apartemen

Sumber: unsplash.com

Pada pagi, sore, ataupun malam hari, jangan lupa untuk membuka jendela apartemen untuk beberapa menit. Ini cukup penting untuk kamu lakukan karena akan terjadi pergantian udara saat jendela dibuka. Cara ini akan membuat suasana ruangan pun terasa semakin sejuk. Selain terjadinya pertukaran udara, membuka jendela secara berkala juga punya manfaat untuk kesehatan lho. Membuka jendela bisa membasmi segala kuman penyakit yang terperangkap di dalam ruang apartemen.

Itulah tadi beberapa cara membuat apartemen sejuk tanpa bantuan AC. Yuk, dicoba dan lihat tagihan listrik bulananmu yang semakin murah.

Artikel Lainnya: Mau Tinggal Nyaman di Apartemen? Simak 6 Rahasianya
WordPress › Error

There has been a critical error on this website.

Learn more about troubleshooting WordPress.